Kisah

Minggu, 19 Januari 2014

Mas Imam, Pemungut Sampah di Bundaran HI


OK, Gw mulai ceritanya....

Minggu Pagi, 15 Desember 2013 sekitar jam 8.45 pagi waktu Jakarta dan sekitarnya, gw n Kodel (partner in crime, suami kesayangan) nyampe Bunderan HI setelah lari-jalan-lari-jalan plus megap-megap dari arah Senayan. Maklum belum terbiasa jd pelari profesional jadi megap-megap karena baru beberapa minggu ini waktu senggang gw dipake untuk lari pagi di jalur Car Free Day (sebelumnya gw lebih milih hibernasi di kosan kalau lagi ngga keluar kota).

Di bunderan HI kita duduk-duduk sebentar,sekedar ngatur nafas dan melemaskan otot kaki. Sambil ngobrol-ngobrol ngga jelas dan foto-foto lalala yeyeye, gw perhatiin keadaan sekeliling. Bapak-bapak yang duduk sambil sibuk ngutak ngatik hp, ABG foto-foto, abang penjual gelembung sabun yang punya fans dadakan bocah-bocah cilik yang sibuk nangkepin gelembung sabun,banyak deh. Sampai ada satu orang dengan kegiatan berbeda yang menarik perhatian gw.
Namanya Imam (gw panggilnya mas Imam setelah ngajakin kenalan). Dia pake celana training dan kaos bola, bawa ransel dipunggungnya, capitan kue (biasa kita liat di tempat jual kue/gorengan) di tangan kanan, dan plastik kresek besar di tangan kiri. Di plastik itu sudah terisi setengahnya. Satu-satu matanya menyapu setiap sudut bundaran HI, mencari sampah-sampah yang kasat mata supaya bisa dipungutnya.

Gw pikir awalnya dia pemulung. Tapi pemulung kan milih-milih ngambil sampahnya. Jadi kemungkinan kedua, dia petugas kebersihan yang dipekerjakan oleh pemerintah DKI. Akhirnya, setela beberapa kali ngambil gambar pake HP seadanya, gw deketin dia. Dan tanya-tanya kepo karena penasaran. 






Kira-kira gini percakapannya :
G = Gw
M : Mas

G : Mas nanya donk, mas darimana ya kalo boleh tau?
M : Dari Slipi mba... 

(Gubraaaaak! Maksudnya bukan itu mas...)

G : Mas bersih-bersih sampah ini dalam rangka apa ya?
M : Ngga dalam rangka apa-apa mba. Cuma pungutin sampah aja biar ga kotor.
G : Oh gitu. Rutin mas kayak gini?
M : Ngga mba. Kalo lagi libur aja kayak hari Minggu gini.
G : Program pemerintah gitu? Atau mas dipekerjakan sama pemerintah?
M : Ngga kok mba.

(Jeeeeng jeeeeeeeng....!!!)
Tebakan gw salah sodara-sodara!!!!

G : Mas soloist apa komunitas mas? Kok saya liat mas cuma sendiri ya?
M : Oh,ngga. Saya cuma sama temen-temen aja. Biasanya kita bersih-bersih di sekitaran Gelora Bung Karno. Tapi karena daerah Bunderan HI belum ada, jadi saya kesini sendiri.
G : Oh ngumpulnya disana. Disebelah mana mas?
M : Deket pintu barat mba.
G : Ngomong-ngomong saya belum tau Nama Mas... ( sambil nyodorin tangan)


Dan kami menyebutkan nama kami masing-masing. Gw juga minta kontaknya kalau suatu waktu gw butuh. Dan gw emang berniat untuk gabung mungutin sampah kayak gitu.
Jujur, waktu liat mas Imam ikhlas mungutin sampah satu satu gitu tanpa bayaran, sedangkan orang-orang disekitar gw dengan cueknya tetep buang sampah sembarangan, ada rasa nyesek dihati gw. Ternyata masih ada orang-orang yang tulus ikhlas menebar kebaikan. Sungguh amalannya besar banget karena hal sesimple itu.

Gw pikir orang-orang disekitar gw waktu itu ada yg bertanya-tanya dihatinya, ngapain orang itu mungutin sampah. Atau cuek ngga peduli (seperti mayoritas manusia yang didoktrin dengan kekerasan hidup di Jakarta) atau ada yg nebak-nebak kalau dia pasukan pemungut sampah yang dipekerjakan pemerintah (seperti tebakan gw pada awalnya).

Mas Imam, gw yakin keihklasan dan kebaikan hati mas Imam bakal terbayarkan nantinya sama sang Khalik....

*yang mau kontak mas Imam n Friends untuk keperluan yang baik bisa pm gw, ntar gw kasih no.hp-nya.

Gw bukan orang yang sempurna gan...
Tapi akan lebih baik kalo gw share ke sesama hal-hal baik yang bisa kita tiru dan menjadi pelajaran berarti.

Trims buat dika.kodel yang udah bantu ambil gambar.

Make our Earth Clean Gan, Karena Perusak Alam Terhebat di Dunia adalah Manusia...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar